Apa Itu Bisnis Online

Sekarang ini, di jaman yang sudah serba mudah dalam berkomunikasi baik itu lewat social media ataupun lewat internet. Banyak orang yang memanfaatkan kemudahan tersebut untuk mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan pokonya. Iya, bisnis online orang banyak menyebutnya seperti itu. Dari sekian banyak orang yang berkecimpung dalam bisnis online, hanya beberapa orang saja yang menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan sampingan. Padahal sekarang ini bisnis online sangatpenting untuk menunjang semua jenis pekerjaan sebagai sarana pemasaran produk barang ataupun jasa yang lebih luas ketimbang pemasaran secara ofline (iklan radio, spanduk, dll).

Namun begitu masih banyak pelaku bisnis online yang apabila ditanya apa itu bisnis online, mereka hanya menjawab bisnis lewat internet. Itusajakah ? tentunya tidak sesimpel itu. Berikut ini akan saya bahas apa itu dan bagaiman prinsip tentang bisnis online.

Bisnis online merupakan aktifitas pemasaran produk (barang ataupun jasa) yang dijalankan melalui internet. Semua aktifitas yang kaitannya dengan pemasaran produk (barang dan jasa) yang dilakukan melalui internet bisa dinamakan bisnis online. Nah, berikut 3 komponen penting yang harus ada dalam bisnis online:

1. Produk
Ada banyak produk, sepeti barang fisik, digital, serta produk jasa. Yang intinya sesuatu yang bisa ditukarkan dengan uang sebagai penghasilan, itulah yang dinamakan produk.

2. Website
Nah, apabila kita sudah punya produk, langkah selanjutnya adalah menjual produk itu. Dalam memasarkan produk melalui internet, kita tidak harus punya website sendiri. Banyak website yang menyediakan tempat untuk memasarkan produk kita seperti olx, tokopedia, buka lapak, bli bli, dan masih banyak lagi, bahkan sekarang facebook juga menyediakan template seperti toko online. Selain website bisa juga memanfaatkan layanan penyedia blog seperti blogger, blogdetik, wordpress, dll. Selain yang sudah disebutkan, bisa juga memanfaatkan social media yang kita punya seperti facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi lainnya. Yang semuanya itu bisa dimanfaatkan untuk meletakkan display produk kita.

3. Strategi Pemasaran
Sudah memiliki produk, sudah di upload di website tapi tanpa strategi pemasaran yang baik sama saja kita jualan minuman di tengah gurun. Meskipun produk itu sangat dibutuhkan kalo strategi pemasarannya kurang mumpuni maka hasilnya pun pasti kurang. Maka dari itu strategi pemasaran sangat penting dalam bisnis online.
Nah, itulah sekilas tentang bisnis online yang bisa saya share buat teman-teman. Semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya. Apabila ada pendapat lain yang mau ditambahkan teman-teman, bisa ditulis di kolom komentar!!!

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Kayu Bahan Baku Mebel

Kaligrafi Kayu Ukir

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online